SMK Hafshawaty Juara I Santri Entrepreneur Kabupaten Probolinggo 2017

Reporter : Syamsul Akbar
Kamis 10 Agustus 2017

KRAKSAAN – Even Santri Enterpreneur yang digelar oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Jawa Pos Radar Bromo memasuki tahap akhir. Kamis (10/8/2017), para pemenang even ini mendapatkan hadiah yang diserahkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo Asyari.

Penyerahan hadiah ini diserahkan di sela-sela kegiatan seminar koperasi dengan tema “Membangun Kabupaten Probolinggo Bersama Koperasi “di Gedung Islamic Center (GIC) Kota Kraksaan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono, Penasehat Dekopin Wilayah Jawa Timur Slamet Sutanto, Ketua Dekopinda Kabupaten Probolinggo Joko Rohani Sanjaya bersama segenap pengurus gerakan koperasi di Kabupaten Probolinggo.

Dalam even Santri Enterpreneur ini, juara 1 diraih Hairul Hakiki dari Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong dengan produk Furniture Dari Tong Bekas, juara 2 diraih Ibnu Awal dari Pondok Pesantren Darul Mukhlasin Tegalsiwalan dengan produk Batik Tulis dan juara 3 diraih Icromatul Wardani dari Pondok Pesantren Syekh Abdul Qodir Al Jailani Kraksaan dengan produk Benda Bekas Menjadi Benda Berharga.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono mengatakan kegiatan digelar dalam rangka untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan masyarakat. Kegiatan ini melibatkan para santri dari pondok pesantren yang ada di Kabupaten Probolinggo.

“Kegiatan santri enterpreneur ini merupakan salah satu upaya dalam menunjukkan eksistensi pondok pesantren di Kabupaten Probolinggo, terutama dibidang kewirausahaan (entrepreneurship), “katanya.

Menurut Nanang, kegiatan ini sejalan dengan program Pemerintah Daerah yang bertekad melakukan pemberdayaan di kalangan Pesantren. Sebab, pesantren dan santrinya memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Salah satunya pada bidang kewirausahaan.

“Kegiatan ini bertujuan menjaring potensi wirausaha muda dari unsur santri sekaligus meningkatkan minat kewirausahaan di kalangan santri. Harapannya tercipta wirausaha muda dari kalangan santri pondok pesantren,” pungkasnya.

Sementara Plt Sekda Kabupaten Probolinggo Asyari mengharapkan agar kegiatan santri enterpreneur ini bisa terus meningkatkan semangat para generasi muda dalam upaya menumbuhkan inovasi dan prestasi di kalangan pondok pesantren di Kabupaten Probolinggo. “Mudah-mudahan, kegiatan ini berjalan lancar dan membawa barokah bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Asyari, kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk memberikan bekal ketrampilan supaya nantinya generasi muda memiliki jiwa wirausaha. Hal ini dibutuhkan supaya anak didik tidak hanya bisa akademik saja tetapi juga diajarkan bagaimana berusaha mengembangkan kreatifitasnya sehingga setelah keluar dari sekolah memiliki jiwa untuk berusaha.

“Saat ini dilatih untuk berwirausaha sehingga ke depan tidak selalu menggantungkan kepada pemerintah daerah. Dengan memiliki jiwa wirausaha, maka generasi muda akan terus berusaha untuk mengembangkan kreatifitas yang dimilikinya, “pungkasnya. (wan)

Sumber : https://probolinggokab.go.id/new/santri-entrepreneur-cetak-wirausaha-di-kalangan-pesantren/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *