Ekstrakurikuler Pramuka

Genggong– Ekstra Kurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah.

Salah satu kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan di SMK ZAINUL HASAN GENGGONG ini  adalah ekstra kurikuler Pramuka, dimana ekstrkurikuler Pramuka merupakan jenis ekstra kurikuler Krida (bersama Paskibra, PKS, PMR), yang mempunyai visi berkembangnya potensi, bakat dan minat secara optimal, serta tumbuhnya kemandirian dan kebahagiaan peserta didik yang berguna untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat.

Kegiatan ekstra kurikuler Pramuka di SMK ZAINUL HASAN GENGGONG ini telah dilaksanakan dengan sebaik mungkin, kegiatan yang direncanakan dalam program kerja, telah dilaksanakan dengan baik dan dibuktikan dengan apresiasi dan pengetahuan yang luas oleh siswa.

Kegiatan rutin pramuka dilaksanaan setiap hari Sabtu sepulang sekolah, yaitu mulai pukul 13.30 WIB yang diampu oleh pembina pramuka yaitu kak BAMBANG DWI MULYADI dengan di bantu oleh kakak-kakak bantara.

Materi yang diajarkan untuk  pramuka meliputi teori dan praktik dengan perbandingan 50%:50%. Dan materi yang diberikan sangat bervariasi, sehingga menarik minat para siswa dan mereka sangat antusiasi untuk mengikuti kegiatan pramuka tersebut seperti: materi (macam macam sandi ,pembuatan tenda,jenis simpul dan lain lain)dan juga ada permainan yang menghibur.

kegiatan-kegiatan tersebut bersifat rutin karena pramuka di sekolah SMK ini di wajibkan.siswa siswi di wajibkan mengikuti ekstra tersebut terutama siswa kelas sepuluh.Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari warga sekolah.terutama siswa siswinya yang begitu mendukung dan bersemangat.

Intusiasi dari siswa sangat baik yaitu dengan bersemangat dalam menerima materi dan membantu berpartisipasi selama kegiatan pramuka berlangsung.Siswa juga dapat menambah pengalaman dan pengetahuan yang cukup banyak.

Intusiasi tersebut dapat terlihat dari siswa ketika kegiatan ajaran materi pramuka berlangsung.sehingga siswa pramuka di SMK ini berjalan denan baik dan materi yang di dapatpun lumayan banyak.

Salah satunya hasil yang dicapai dari pelaksanaan latihan tenda darurat cukup memuaskan. Di mana 65 % angggota pramuka mampu menerima dengan baik materi yang  diberikan oleh pembina.

Materi inipun mampu dan bisa mereka refleksikan ke dalam kehidupan sosial anggota pramuka. Baik itu di lingkungan keluarga dan masyarakat maupun di lingkungan sekolah.  Hal itu tentu saja dengan tidak merupakan ajaran ataupun pendidikan moral yang telah diberikan oleh orang tua.

Penulis: Zainatul Ilmiyah (X Keperawatan 2017-2018)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *