SMK Hafsyawaty Zainul Hasan Berqurban

Genggong- Tepat pada hari rabu tanggal 22 Agustus 2018 semua umat muslim di dunia merayakan hari raya idul adha. Hari raya idul adha berbeda dengan perayaan idul fitri. Biasanya pada hari raya idul adha di maknai oleh umat muslim dengan berqurban (bagi yang mampu). Berqurban adalah proses penyembelihan hewan seperti sapi dan kambing untuk dibagikan dagingnya kepada kalangan yang kurang mampu. Sehingga semua umat muslim merasakan kenikmatan tanpa membedakan status sosial. Sejarah qurban sendiri di ambil dari kisah nabiyullah Ibrahim dan nabiyullah ismail.

Tidak mau kehilangan momen pada hari raya idul adha, SMK Hafshawaty Zainul menyelenggarakan Ibadah Qurban pada Sabtu, 25 agustus 2018. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang selalu dilakukan setiap hari Raya Idul Adha. Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar tanpa halangan yang berarti.

Pada Tahun ini, hewan yang disembelih berupa dua ekor kambing.
Penyembelihan hewan qurban dilakukan oleh Bapak Aziz selaku petugas sekolah di SMK Hafsyawaty Zainul Hasan. penyembelihan tersebut bertempat di halaman sekolah.

Dewan asatid, karyawan dan para siswa juga turut hadir menyaksikan dan membantu proses qurban. Mereka sangat antusias dan penuh suka cita menyambut ibadah ini. Mereka bahu-membahu membantu merobohkan hewan qurban, menguliti kulit hewan, memisahkan daging dengan tulang, mengemas dan menyalurkan daging kepada masyarakat disekitar sekolah.

Allahuakbar, Allahuakbar, Allahuakbar, laa ilaa haillalla huwallahu akbar, Allahuakbar walillaa hilham. Sungguh indah bisa berbagi dengan umat muslim lainnya dalam melaksanakan ibadah qurban ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *